Monday 9 May 2016

Jenis tanaman herbal untuk kolesterol

Beberapa jenis tanaman herbal untuk kolesterol

Jenis tanaman herbal untuk kolesterol banyak sekali jenisnya, namun disini saya akan mengulas hanya beberapa saja jenis tanaman yang berkhasiat untuk turunkan kadar kolesterol tinggi.


kolesterol tinggi memang sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh jika di diamkan. semakin menumpuk kadar kolesterol maka semakin berpeluang terjangkit beberapa penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan seperti jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah diarea otak yang mengakibatkan stroke, dan masih banyak lagi penyakit berbahaya lainnya.

Bukannya kadar kolesterol tidak dibutuhkan oleh tubuh, justru kadar kolesterol sangat di butuhkan sekali oleh tubuh untuk pembentukan dinding sel juga sangat berperan dalam pembentukan hormon. namun yang jadi masalahnya ialah kadar kolesterol yang diatas normal atau kadar kolesterol tinggi yang sangat berakibat buruk bagi kesehatan.

Terus bagaimana solusinya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi?

Solusinya anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis tanaman herbal alami dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. beberapa tanaman ini telah terbukti mampu menurunkan kolesterol tinggi secara alami, diantaranya :

Buah mengkudu

Buah ini sudah terkenal lama sebagai jamu untuk menurunkan kolesterol tinggi secara cepat oleh beberapa para peneliti. Karena di dalam buah ini banyak sekali mengandung zat yang dapat melawan kolesterol secara signifikan dan ternyata buah mengkudu sangat berkhasiat sekali untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga mampu melawan sel kanker.

Untuk mengolahnya menjadi jamu, buah mengkudu cukup dibilas dengan air bersih lalu potong kecil-kecil lalu blander/ jus buah mengkudu tadi dan tambahkan sedikit air matang, setelah itu peras air mengkudu yang sudah di jus hingga hanya tersisa airnya saja, lalu langsung minum air perasan tadi.

Kunyit

 Untuk jenis tanaman ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anda, hampir disetiap dapur di indonesia pasti ada yang namanya kunyit. karena tanaman ini merupakan bahan utaman bumbu masakan sehari-hari. tapi tahu ngga sih? ternyata kunyit ini sangat berkhasiat sekali untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. tanaman kunyit mampu melancarkan peredaran darah dan penyumbatan pada pembuluh darah.

Dalam mengolah tanaman kunyit untuk kolesterol, anda hanya cukup sediakan 10 grm kunyit lalu potong tipis-tipis, rebus potongan tadi dengan 2 gelas air panas dan tunggu hingga air rebusan tadi tinggal setengah. kemudian dinginkan. minum 3 kali dalam sehari.


Akar manis

Akar manis atau dalam bahasa ilmiahnya disebut licorice banyak sekali mengandung zat yang baik bagi tubuh diantaranya : triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, biotin, asam amino dan beta-sitoserol. namun anda harus berhati-hati jangan terlalu menggunakan akar manis dalam dosis besar 30-40 gram untuk jangka panjang karena sangat berakibat melemahnya otot, hipertensi, edem dan kekurangan kalium.

Cara meraciknya cukup sediakan 10 gram akar manis, rebus akar manis dengan 3 gelas air bersih, setelah direbus dinginkan air akar manis tersebut, setelah dingin saring air rebusan dan bagi menjadi 2 kali minum, untuk pagi dan malam. lakukan secara rutin.

Nah itulah beberapa penjelasan tanaman yang bisa di jadikan jamu untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami, semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Keep spirit in every days and don't forget to smile.
=> Baca juga Obat herbal khusus kolesterol

No comments:

Post a Comment