Tuesday 17 May 2016

khasiat daun sembung untuk kesehatan

Tahu nggak khasiat daun sembung untuk kesehatan

khasiat daun sembung untuk kesehatan. tanaman daun sembung atau dalam bahasa ilmiahnya blumea balsamifera ternyata mempunyai khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Dan daun sembung ini ternyata sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional.


Mungkin sebagian orang tidak tahu jenis tanaman ini dikarena kan disetiap daerah nama tanaman ini berbeda-beda contohnya jika di daerah sunda biasanya disebut sembung utan, kalo di sumatra disebut capa atau sering dikenal dengan nama capo, sedangkan di daerah ternate sering disebut apompase atau mandikapu.

Jenis tanaman sembung ini sering dijadikan obat tradisional oleh sebagian masyarakat indonesia seperti :

Obat sakit perut

Seperti diare, perut kembung atau juga bisa sebagai obat untuk menyembuhkan sakit maag.. cara meracik obatnya sangat mudah sekali anda tinggal ambil beberapa daun sembung lalu bila dengan air bersih dan rebus daun sembung dengan air bersih secukupnya, setelah itu diamkan air rebusan daun sembung sampai agak sedikit dingin lalu minum air rebusab tadi.


Obat untuk penghilang rasa nyeri saat haid

Untuk seorang wanita yang sedang kedatangan bulan pasti akan merasakan hal seperti rasa nyeri yang tak tertahankan, namun anda bisa menghilangkan rasa nyeri itu dengan tanaman sembung ini dengan cara merebus daun sembung sebanyak 5 lembar lalu minum rebusan daun sembung tersebut. dengan racikan jamu ini dijamin rasa sakit anda akan reda karena telah dilakukan secara turun-tenurun oleh leluhur kita untuk menghilangkan rasa sakit saat datang bulan.


Penambah nafus makan

Bagi anda yang mempunyai anak dalam masa pertumbuhan dan kurangnya nafsu makan, anda bisa mencoba mengatasinya dengan mengunakan rebusan daun sembung. dengan menggunakan metode ini telah terbukti bisa meningkatkan nafsu makan anak meningkat secara alami dan telah digunakan turun-temurun oleh leluhur kita.

cara pengolahannya pun sama hanya tinggal merebus beberapa daun salam dengan air bersih dan minum air rebusan tadi setelah didinginkan. jika perlu tambahkan sedikit gula merah agar si anak tidak merasa pahit ketika meminum air rebusan daun sembung.

Dan ternyata tanaman sembung ini mempunyai khasiat sebagai obat rematik dengan menggunkan akar dari tanaman sembung sebagai cara untuk mengobati rematik. cara pengolahannya pun berbeda dengan daun sembung, akar sembung ini cukup sediakan 30 gram dan jangan lupa sediakan juga 60 gram daun gandarusa, lalu cucu bersih, rebus dengan 3 gelas air bersih dan biarkan sampai air rebusan hanya cukup untuk satu gelas, saring dan minum rebusan tadi.

Nah itulah beberapa khasiat dari daun sembuh semoga bermanfaat bagi anda. tetap jaga kesehatan dan mulailah tanamkan pola hidup sehat agar kita terjaga dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita. Baca juga khasiat dan manfaat durian utuk kesehatan.

5 comments:

  1. Wah bnyk sekali yah manfaatnya

    ReplyDelete
  2. ohhh jadi daun sembung banyak sekali manfaatnya, baru tau ane..

    ReplyDelete
  3. maksih info nya gan bermamfaat banget deh

    ReplyDelete
  4. makasih agan-agan telah mengunjungi blog saya sukses slalu

    ReplyDelete
  5. wih .. ternyata banyak juga khasiatnya.. padahal banyak tuh daun sembung yang tumbuh diblakang rumas saya..

    ReplyDelete